Jumat, 23 November 2007

Robot Asendro siap kembali menunjukan aktraksinya di pialah dunia sepak bola mendatang

Robot Asendro siap kembali menunjukan aktraksinya di pialah dunia sepak bola mendatang


Dengan perkembangan Teknologi Robot dapat digunakan sebagai penjaga keamanan. Masaalah keamanan sagat penting khususnya negara - negara tempat terjadinya berbagai kegiatan internasional (konfrensi, piala dunia) sangat mendapat perhatian serius dari pihak penyelenggara.

Khususnya Kegiatan sepak bolah dunia yang sagat mendapat perhatian serius dari semua kalangan pencinta sepak bola dan persatuan sepak bola dunia atau FIFA, dimana kegiatan dilaksanakan 5 tahun sekali.

Menurut informasi kegiatan ini akan dilaksanakan di Amerika Latin (Brasil/tapi belum final kesepakatanya). Namun dalam hal keamanan pihak FIFA kembali akan menggunakan system securyti Robot Asendro untuk membantu pihak keamanan (polisi) dalam menjalankan tugas pengamanan dalam pialah dunia mendatang.

Hal ini dilakukan untuk menjanga keamanan selama berlangsungnya kegiatan tersebut dan untuk mengantisivasi tragedi “Black September” di ajang Olimpiade Berlin tiga dasawarsa silam terulang kembali. Apalagi kegiatan tersebut masih dalam situasi panas (terorisme), Khususnya menyangkut isu terorisme yang semakin banyak. Untuk menjamin keamanan dan kesuksesan kegiatan tersebut, tidak cukup mengerahkan aparat keamanan, tapi juga harus minta bantuan Robot Asendro. Robot Asendro bukan manusia yang berstatus polisi, tentara, atau satpam, melainkan robot yang dibekali kecerdasan buatan (artificial intelligence,AI) yang mampuh mendeteksi dan memantau situasi disekitarnya (melakukan patroli). Pihak FIFA memang sengaja menerapkan sistem keamanan supercanggih Untuk bisa mengerahkan robot -robot Asendro dimana Robot ini sudah mempelihatkan kemampuannya menjaga keamanan pada pialah dunia tahun kemarin 2006 di jepang dan korea selatan.Robot ini milik suatu perusahaan Robowatch Defense dan Diehl BGT Defence .

Tugas pengamanan yang dijalankan oleh robot ini terdiri dalam dua kelompok :

1. Kelompok pertama menggunakan robot OFRO. Di manah bentuknya mirip dengan robot yang pernah digunakan militer AS untuk operasi mereka di Irak dan Afganistan. Dengan kamera termalnya, robot OFRO mampu mengenali posisi musuh di malam hari melalui temperatur suhu badan manusia atau titik api. Selain itu, mampu mendeteksi radiasi, racun, virus, dan bahan kimia berbahaya melalui sensornya.Robot yang harga satu unitnya mencapai 76.000 dolar AS itu diprogram guna menjalankan misi pengintaian. Untuk memuluskan operasinya setiap robot dibekali dengan berbagai teknologi. Salah satunya dengan dukungan teknologi GPS (Global Positioning System). Robot ini berpatroli di areal luar dan melindungi areal tersebut dalam radius 2 km dari pusat kontrolnya yang berlokasi di dalam stadion.Robot OFRO memiliki tinggi 1,4 m dan berbobot 40 kg. Mereka bergerak di atas trek miniatur mirip dengan tank militer yang dapat berjalan dengan kecepatan 7 kph.

2. Kelompok kedua menggunakan robot MOSRO, bentuknya mirip robot R2-D2 di film "Star Wars.Robot jenis ini lebih difokuskan untuk pengintaian di dalam stadion.Setiap robot diprogram lengkap dengan layout situasi dalam stadion,termasuk ruang administrasi, area parkir bawah tanah, dan area penyimpanan.Robot seharga 15.000 dolar AD per unitnya itu dilengkapi dengan kamera video guna menangkap penyusup yang masuk ke stadion, juga dilengkapi teknologi sinar inframerah dan sensor ultrasonik.Untuk urusan komunikasi, robot dikontrol dengan menerapkan teknologi telekomunikasi mobile generasi ketiga (3G).Untuk itu, masing-masing robot dilengkapi 3G card, yang terhubung dengan dedicated base station (DBS) di dalam stadion. Agar keamanan data terjamin, semua lalu lintas data dienkripsi. "Robot ini bisa menggunakan teknologi Wi-Fi, akan tetapi untuk praktiknya membutuhkan access point dan berbiaya lebih tinggi.Robot dilengkapi kamera video, sensor radar, pengukur temperatur, dan pemindai infra merah.Kamera yang terpasang dapat berputar ke segala arah dan dapat dikontrol secara remote oleh teknisi di pusat kontrol. "Jika robot mengenali sesuatu yang tidak beres, seperti adanya lubang mencurigakan,Robot akan berhenti dan mengirim pesan peringatan ke pusat kontrol.Sensor radar mampu mendeteksi badan manusia walau ada di balik tembok. Melalui bantuan navigasi dari GPS, robot ini dapat mengirim gambar ke pusat pengontrol (skybox).Melalui remote control yang ada di pusat pengontrol, dapat mengirim perintah guna mengecek situasi yang mencurigakan di luar.Jika Robot ini berada di luar areal dilengkapi dengan teknologi untuk mendeteksi sinar alpha, beta, dan gamma. Kemampuannya setara dengan senjata biologis. Robot MOSRO ini ukurannya lebih kecil dengan dimensi 1,18 m dan berbobot 25 kg. Dengan berjalan dengan roda pada kecepatan 4 kph.

Meski demikian, hardware yang canggih tidak akan ada apa-apanya tanpa ditunjang dengan software dan brainware.Untuk itulah, pada bagian software lebih memilih sistem operasi (operating system, OS) berbasis open-source seperti sistem operasi Linux.hal ini dimaksudkan yaitu keamanan dan kemudahan untuk membuat program aplikasi dalam platform.

Kita sebagai orang IT khususnya anak Indonesia ditantang untuk menciptakan sesuatu yang dapat bermanfaat khususnya dengan menggunakan IT , diamana penerapan teknologi dimasa mendatang akan mempunyai peran penting dalam setiap bidang. Dan bagaimana kita mampuh bersaing dengan negara lain dengan menerapakan, menciptakan Teknologi yang bermanfaat bagi Negara ini.(kita tidak memungkiri bahwa selama ini kita hanya sebagai pemakai teknologi buatan Negara lain padahal kita mamapuh dalam mengembangkan teknologi tersebut). seperti yang telah dikembangkan oleh perusahaan Robowatch Defense dan Diehl BGT Defence dalam menciptakan Robot Asendro menjaga keamanan.


******** Maaf jika masih ada kekuranganya… *********Leonard L ***********

Perusahan Helpon NOKIA

Telpon atau HP sebagai alat komonikasi saat ini mempunyai peran penting dalam kegiatan manusia.Peningkatan angka penjualan khususnya telpon nokia membuktikan bahwa kebutuhan akan media telekomonikasi saat ini sagat memegang peran penting dalam setiap kegiatan dan aktivitas manusia. Dari survey menunjukan bahwa 99% penduduk indonesia membutukan telpon bukan hanya sebagai media komonikasi tetapi sebagai alat media hiburan. Kini perusahaan Nokia menjawab kebutuhan konsumen dimana perusahaan ini akan meluncurkan produk terbaru mereka yang mempunyai kelebihan software dan hadware dari produk sebelumnya.

Perusahaan Nokia Menjawab tantangan baru dengan meluncurkan produk HP terbaru yang deberi nama N77. N77 ini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, N77 tidak hanya sebagai media komonikasi tetapi juga bisa digunkan untuk media hiburan seperti menonton tv, Bwrosing, kamera digital dengan picture yang dapat diatur sesuasi dengan kamauan tidak itu saja N77 menyediakan banyak games dll……

Jika anda berminat dan penasaran akan informasi ini silakan kunjungi www.nokia.com

Atau igin melihat teknologi terbaru silakan lihat dan tonton salasatu acara televisi di METRO TV MOBILE TRENS NEWSsetiap hari sabtu siang. www.metrotv.com

Panin bank

Panin bank dalah salah satu bank terbesar diIndonesia. seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, panin bank sudah menyediakan media transaksi dengan uang dollar yang biasa disebut ATM Dollar. Kini para nasah panin bank tidak perluh lagi ke bank untuk menukarkan uang dollar ke rupiah tetapi langsung saja menggunakan ATM Dollar yang diberikan oleh panin bank.ATM Dollar ini tersebar di berbagai Negara.

Orang yang malas membaca dekat dengan kebodohan dan kebodohan dekat kemiskinan

Tidak ada komentar: